Home / Software / Komputer / Jaringan / Perbedaan alamat IP Statis dan Dinamis komputer

Perbedaan alamat IP Statis dan Dinamis komputer

Techanget.com – Perbedaan alamat IP Statis dan Dinamis komputer. Alamat IP adalah alamat yang ditetapkan disetiap perangkat yang akan terhubung ke Internet. Hal ini serupa dengan alamat pos dimana surat dikirimkan, dan alamat IP adalah alamat komputer tempat lalu lintas internet dikirimkan. Alamat IP diberikan kepada Anda oleh Penyedia Layanan Internet (ISP) Anda. Saat Anda mendaftar ke ISP Anda, ISP Anda memberi Anda alamat IP statis atau alamat IP dinamis tergantung pada kontraknya. Jika Anda perlu menyiapkan web server atau layanan email, Anda memerlukan alamat IP statis. Jika Anda hanya browsing internet, Anda mungkin bisa mendapatkan dengan alamat IP dinamis.

Baca Juga :

Apa itu alamat IP statis?

Perbedaan alamat IP Statis dan Dinamis komputer

Alamat IP statis adalah alamat yang ditetapkan secara permanen oleh ISP Anda (selama kontrak Anda bereputasi baik), dan tidak berubah bahkan jika komputer Anda melakukan booting ulang. Sebuah alamat IP statis biasanya ditugaskan ke server hosting website, dan menyediakan email, database dan layanan FTP. Alamat IP statis juga ditugaskan ke leased line komersial, atau organisasi publik yang membutuhkan alamat IP yang sama setiap saat. Karena alamat IP statis diberikan kepada Anda, Anda harus mengkonfigurasi mesin Anda secara manual (router atau server) untuk menggunakan alamat IP statis yang ditetapkan untuk Anda.

Keuntungan Alamat IP statis

  • Alamat tidak berubah, Bagus untuk Web Server, Mail Server dan server Internet lainnya.
  • Menggunakan DNS untuk memetakan nama domain ke alamat IP, dan gunakan nama domain untuk alamat alamat IP statis. Serupa dapat digunakan dengan Dynamic DNS untuk alamat IP dinamis.

Kekurangan Alamat IP statis

  • Harganya Mahal ketimbang Alamat IP dinamis, ISP umumnya mengenakan biaya tambahan untuk penggunaan alamat IP statis.
  • Perlunya keamanan tambahan, Karena IP yang sama diberikan ke perangkat, peretas bisa saja mencoba melakukan serangan brute force ke perangkat selama periode waktu tertentu.

Apa itu alamat IP dinamis?

Perbedaan alamat IP Statis dan Dinamis komputer

Alamat IP dinamis adalah alamat IP yang ditugaskan secara dinamis ke komputer Anda oleh ISP Anda. Setiap kali komputer Anda (atau router) di-reboot, ISP Anda secara dinamis memberikan alamat IP ke perangkat jaringan Anda menggunakan protokol DHCP. Karena ISP Anda secara dinamis menetapkan alamat IP ke perangkat komputasi saat melakukan boot ulang, perangkat Anda mungkin tidak selalu menerima alamat IP yang sama yang sebelumnya ditetapkan untuknya. Bahkan jika mesin Anda selalu terhubung dan terhubung secara permanen, beberapa ISP mengubah alamat IP saat terbang, meski ini sangat jarang terjadi. Sifat lengket DHCP pada umumnya menugaskan kembali alamat IP yang sama ke mesin yang sama, maka tidak dijamin untuk menerima alamat IP yang sama seperti kolam IP dapat menghabiskan waktu dan waktu sewa dapat berakhir. Untuk menemukan alamat IP dinamis Anda, Anda dapat mengunjungi Apa itu halaman alamat IP saya.

Keuntungan Alamat IP Dinamis

  • Lebih murah dari alamat IP statis.
  • Mengubah alamat IP memberi lebih banyak privasi.

Kekurangan Alamat IP Dinamis

  • Membutuhkan sebuah server DHCP untuk mendapatkan alamat IP.
  • Tidak statis. Setiap kali alamat IP akan berubah, Anda mungkin harus menemukan alamat IP Anda lagi.

Demikianlah artikel tentang Perbedaan alamat IP Statis dan Dinamis komputer. Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian semua.

About Techanget

x

Check Also

Cara Menghapus Riwayat Pencarian Di Instagram Secara Permanen

Techanget.com – Cara Menghapus Riwayat Pencarian Di Instagram Secara Permanen. Instagram adalah sebuah aplikasi ...