Home / Tutorial / Android / Tips Efektif Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone

Tips Efektif Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone

Techanget.com – Tips Efektif Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone. Pengisi baterai (bahasa Inggris: battery charger) adalah peranti yang digunakan untuk mengisi energi ke dalam baterai (isi ulang) dengan memasukkan arus listrik melaluinya. Arus listrik yang dimasukkan tergantung pada teknologi dan kapasitas baterai yang diisi ulang tersebut. Contohnya Baterai handphone. Baterai handphone bisa habis dan tentunya bisa diisi kembali sampai penuh. Namun, pengisian baterai yang lama seringkali menjadi permasalahan yang membuat pengguna smartphone geram. terlebih lagi jika terburu-buru handphone untuk digunakan. Berikut Tips Efektif Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone

Baca Juga :

Cara Efektif Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone

  1. Gunakan Charger Asli

    Tidak dapat dipungkiri bahwa yang original selalu lebih baik. Pastikan kamu menggunakan charger asli agar bateraimu cepat penuh, karena biasanya charger ori dibuat dengan memperhatikan kualitasnya.Meskipun tidak banyak membantu, tetapi setidaknya ini dapat mengurangi kerusakan pada baterai kamu yang berakibatkan terjadinya kebocoran. Karena dengan tidak menggunakan charger original dari smartphone tersebut, besar kemungkinan daya yang dikirimkan tidaklah sama.Pasalnya, tegangan disetiap charger adalah berbeda-beda, tergantung baterai yang digunakan, tegangan tidak boleh rendah dan juga terlalu tinggi.
  2. Matikan Smartphone Pada Saat ChargingSmartphone yang hidup jelas akan memakan daya baterai, terlepas apakah sedikit atau banyak. Intinya banyak proses dibelakang layar yang mengkonsumsi daya baterai kamu.
    Dengan mematikan smartphone ketika proses charging, maka proses pengisian daya akan semakin terfokus. Terbukti, smartphone yang di-charging dalam keadaan mati dapat mempercepat pengisian daya 12% dari waktu normal ketika smartphone dalam kondisi menyala.
  3. Gunakan Mode Pesawat (Airplane mode)

    Jika kamu tidak ingin mematikan smartphone kamu, gunakanlah mode terbang. Dengan memanfaatkan fitur ini, daya baterai yang dikonsumsi akan lebih sedikit karena hp kamu akan istirahat dari pekerjaan mencari jaringan buatmu.
    Jika dengan mematikan smartphone dinilai terlalu ekstrem, karena bisa saja ada pesan penting yang dikirimkan via BBM , WhatsApp atau lainnya, maka dengan menggunakan Airplane Mode adalah pilihan yang bijak.
  4. Sumber ListrikPastikan kamu menggunakan sumber listrik yang benar-benar untuk kebutuhan normal. Bukan untuk fungsi lain yang arusnya lebih besar (bisa terbakar chargernya) atau terlalu kecil seperti laptop (arus port usb laptop kecil).
    jadi jangan gunakan sumber listrik dengan colokan usb laptop jika tidak terpaksa. karena waktu yang diperlukan untuk mengisi baterai tentunya lebih lama. Dan jangan pula kamu gunakan sumber listrik yang besar, karena bisa membakar charger yang kamu gunakan. Gunakan listrik normal kisaran 240-an.
  5. Jangan Terlalu Sering Menyentuh Smartphone

    Jika kamu seorang yang sangat membutuhkan smartphone dan sering menerima panggilan atau pesan, maka cobalah untuk tidak menyentuh smartphone setiap saat. Minimal biarkan smartphone tidak tersentuh selama 1-2 menit.
    Kenapa? Faktor utamanya adalah layar, Layar merupakan penguras baterai terbesar dari semua aktivitas smartphone. Jadi semakin sedikit aktivitas layar, maka proses charging pun akan semakin cepat.

Demikianlah Tips Efektif Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone semoga tutorial ini sangat bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa share artikel ini ketemen – temen kalian yang membutuhkan. 🙂

About Shelviana Agustin

x

Check Also

Cara Memperbesar Atau Memperkecil Halaman Web Di Laptop Atau PC

Techanget.com – Cara Memperbesar Atau Memperkecil Halaman Web Di Laptop Atau PC. Mungkin anda ...