Begini Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Rusak dan Tidak Terbaca

Begini Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Rusak dan Tidak Terbaca

Techanget.com – Begini Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Rusak dan Tidak Terbaca . Flashdisk adalah sebuah alat penyimpanan data eksternal yang dihubungkan port USB yang mampu menyimpan berbagai format data dan memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar.

Flashdisk dapat menyimpan data secara permanen walaupun aliran listrik pada rangkaian flashdisk diputuskan. Ini terjadi karena didalam flashdisk terdapat sebuah controller dan memori yang mampu menyimpan data secara permanen walaupun aliran listrik yang ada pada flashdisk sudah diputuskan oleh user.
Namun tidak jarang, flashdisk yang kamu gunakan mengalami masalah, mulai dari corrupt, tidak bisa diformat dan sebagainya. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan flashdisk rusak sehingga tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya.
Di antaranya seperti lupa melakukan Safely Remove Hardware, sering memindahkan data, diserang virus atau terkena air, jatuh atau disimpan di tempat panas.
Berikut 3 cara memperbaiki Flashdisk yang rusak dan tidak terbaca.

1.Gunakan HDD Low Level Format Tool

Yang pertama kita bisa menggunakan software bernama Hard Disk Drive Low Level Format Tool jika Flashdisk memang benar-benar sulit untuk diperbaiki.

Namun cara satu ini tidak akan berguna jika flashdisk yang rusak ternyata mengalami kerusakan fisik. Kamu bisa mendownload aplikasi
Hard Disk Drive Low Level Format Tool di googleplay atau playstore.

2. Flashdisk Write Protected

Selain flashdisk yang tidak terdeteksi, terkadang juga kita menemukan masalah seperti flashdisk dengan keterangan write protected. Dalam melakukan perbaikan dengan menggunakan metode ini, kamu hanya memerlukan command prompt. Berikut langkah-langkahnya :

  • Buka Command Prompt atau dengan klik kanan pada logo Windows dan pilih aplikasi ini. Sesudah muncul jendela Command Prompt, ketik perintah diskpart dan tekan tombol Enter. Maka jendela baru akan muncul.
  • Selanjutnya ketik list disk untuk melihat daftar media penyimpanan yang tersedia. Kemudian kita bisa memilih dengan perintah select disk 2 (tergantung posisi flashdisk pada nomor berapa).
  • Lalu kita bisa mengetikkan perintah attributes disk clear readonly > clean > create partition primary.
  • Terakhir ketik perintah format fs=fat32 (fat32 bisa juga kita ubah ntfs). Kemudian ketik exit.

3. Install Ulang Driver USB

Selanjutnya yang bisa kita lakukan dalam memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca adalah memeriksa dan melakukan install ulang pada driver USB. Berikut langkah-langkah yang bisa kita lakukan :

  • Pertama hubungkan flashdisk yang tidak terbaca dengan PC atau laptop. Selanjutnya buka menu Control Panel dan lanjut ke pilihan Hardware and Sound.
  • Selanjutnya buka Device Manager dan cari Universal Serial Bus Controller. Buka menu dropdown dan cari perangkat USB Mass Storage Device yang diberi tanda peringatan berwarna kuning.
  • Kemudian klik kanan dan pilih opsi Uninstall. Di sini kita bisa mencabut dan mencolokkan kembali Flashdisk atau me-restart PC atau laptop yang sedang kita gunakan.

Demikianlah  Begini Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Rusak dan Tidak Terbaca  Semoga bermanfaat 🙂