Cara Mengatasi HP Cepat Panas dan Penyebabnya

Techanget.com – Cara Mengatasi HP Cepat Panas dan Penyebabnya . Telepon pintar atau smartphone sudah tidak asing lagi bagi pengguna telepon seluler. Telepon pintar (smartphone) merupakan telepon genggam yang memiliki kemampuan tingkat tinggi, terkadang dengan fungsi yang menyerupai komputer.

Pada era saat ini, Smartphone atau telepon pintar merupakan salah satu barang pokok yang tidak bisa lepas dari genggaman manusia. Karena apapun yang kita lakukan ada dalam satu sentuhan saja. Penggunaan yang dilakukan secara terus menerus, Mengakibatkan smartphone yang kita gunakan cepat panas, hal ini sangat berbahaya dan dapat memperpendek usia smartphone. Berikut penyebab smarphone cepat panas :

Penyebab Smartphone Cepat Panas :

1.Terlalu banyak aplikasi berjalan sacara bersamaan

2. Pengaturan smartphone yang belum optimal

3. Smartphone digunakan untuk streaming terlalu lama

4. Bermain game terlalu lama

5. Kualitas baterai smartphone yang terlalu buruk


Cara Mengatasi Smartphone Cepat panas 

1.Kurangi Multi-tasking pada Handphone

Spesifikasi smartphone yang semakin tinggi menawarkan performa yang baik untuk melakukan multi-tasking. Meski begitu, kita sebagai pengguna tetap harus waspada terhadap suhu smartphone saat melakukan berbagai pekerjaan sekaligus.

Banyaknya aplikasi aktif yang kita gunakan bersamaan, belum lagi ditambah aplikasi background yang tetap berjalan, tentu akan menyebabkan smartphone cepat panas.

2. Hentikan sejenak dari Streaming atau Gaming

Streaming atau gaming selain menguras baterai handphone yang sangat cepat, streaming dan gaming sama-sama akan membuat HP cepat panas jika dilakukan secara terus-menerus alias nonstop.

3. Matikan Bluetooth dan GPS pada Smartphone

Banyak pengguna smartphone yang membiarkan begitu saja bluetooth dan GPS tetap aktif menyala padahal sedang dalam posisi tidak digunakan dan dibutuhkan.

Dua fitur ini ternyata bisa menyebabkan HP cepat panas dan menyerap daya baterai. Pastikan kamu mematikan dua fitur ini jika memang sedang tidak digunakan dan dibutuhkan.

4. Kurangi Penggunaan WiFi dan Hotspot Pribadi

Wifi nyaris selalu diaktifkan ketika kita sedang berapa pada kawasan free wifi. Namun mengaktifkan WiFi secara langsung menyebabkan HP cepat panas. Begitupun jika kita mengaktifkan hotspot pribadi pada smartphoen kita

5. Gunakan Charger Original Smartphone

ketika Charger original mengalami kerusakan atau sudah tidak bisa lagi digunakan jangan membeli charger yang lebih murah, dan tidak jelas asal-usul dan kualitasnya.

Menggunakan sembarang charger malah akan membahayakan baterai dan smartphone kita, bahkan jadi salah satu faktor utama yang menyebabkan HP cepat panas. Biasakan selalu menggunakan charger asli dan jika rusak, belilah charger asli yang baru.

Demikianlah Cara Mengatasi HP Cepat Panas dan Penyebabnya . Semoga bermanfaat 🙂