Cara Menggunakan Fungsi IF Tunggal Pada Microsoft Excel

Cara Menggunakan Fungsi IF Tunggal Pada Microsoft Excel

Techanget.com – Cara Menggunakan Fungsi IF Tunggal Pada Microsoft Excel. Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik.

Dalam menjalankan Microsof Excel ada banyak rumus atau fungsi yang dapat digunakan. Kali ini kita akan membahas mengenai salah satu fungsi atau rumus yang paling sering digunakan, yaitu fungsi IF.

Fungsi IF adalah salah satu dari fungsi paling populer di Excel, dan memungkinkan Anda untuk membuat logika perbandingan antara nilai dan apa yang Anda harapkan.

Oleh karena itu, pernyataan IF dapat memiliki dua hasil. Hasil pertama jika perbandingan Anda Benar dan hasil kedua jika perbandingan Salah.

Rumus IF dibagi menjadi dua yaitu IF Tunggal dan IF Majemuk

  1. Rumus Excel IF Tunggal ini hanya terdapat satu IF dengan satu logical_test, rumus if tunggal ini memiliki dua kondisi yaitu Kondisi1 (value if TRUE) dan Kondisi2 (value if FALSE).

Sintax IF tunggal :

=IF(logical_test;value_if_true;value_if_false)

If tunggal salah satu contohnya digunakan untuk menentukan kelulusan siswa

Maksudnya adalah jika nilai lebih dari 65 maka dinyatakan lulus, jika kurang dari 65 maka tidak lulus.

E5>65 disebut logical_test yaitu untuk menentukan berapa nilai yang ditetapkan
“Tidak Lulus” disebut value if true yaitu keterangan jika nilai yang didapat benar sesuai logical tes.
“Lulus” disebut value if false yaitu keterangan jika nilai yang didapat salah atau tidak sesuai logical tes.

Demikianlah tutorial Cara Menggunakan Fungsi IF Tunggal Pada Microsoft Excel Share trik ini keteman teman kalian supaya trik ini bermanfaat untuk kesesama. 

🙂