Cara Menggunakan Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP Pada Microsoft Excel

Cara Menggunakan Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP Pada Microsoft Excel

Techanget.com – Cara Menggunakan Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP Pada Microsoft Excel. Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik. Digunakan untuk melakukan pengolahan data, perhitungan dan lain sebagainya.

Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP dalam Microsoft Excel berguna untuk membaca suatu tabel, lalu mengambil nilai yang diinginkan pada tabel tersebut berdasarkan kunci tertentu dalam bentuk vertikal, sesuai dengan awalan huruf V yang merupakan singkatan dari Vertikal/tegak Lurus. Sedangkan Hlookup yang berawal Huruf H digunakan untuk mencari nilai dalam bentuk baris /horizontal.

1.VLOOKUP

VLOOKUP digunakan apabila sumber data yang akan kita gunakan berbentuk atau tersusun secara vertical. contoh sebagai berikut :

Kita akan memasukan data program studi berdasarakan kode prodi dari tabel Program studi ke tabel laporan biro akademik.

Sintax VLOOKUP adalah sebagai berikut :

=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup)

Atau untuk lebih mudah mengingatnya sebagai berikut :

=VLOOKUP (nilai_kunci, tabel_data, nomor_kolom,tipe_data)

Keterangan :

Lookup_value (Nilai Kunci) : nilai atau sel referensi yang dijadikan kunci dalam pencarian data.
Table_array (Tabel Data): tabel atau range yang menyimpan data yang ingin dicari. Range untuk contoh tabel di atas adalah: E10:F21 (tabel pertama – VLOOKUP).
col_index_num (Nomor Kolom): nomor kolom yang ingin diambil nilainya untuk fungsi VLOOKUP. Untuk tabel pertama (VLOOKUP): nomor kolom kolom ke 2 yaitu Program Studi.
Range_lookup (Tipe Data) : untuk tipe data ada 2 Jenis, yaitu: True digunakan jika nilai datanya tidak pasti atau berada range tertentu dan tipe data False digunakan jika nilai datanya itu pasti.

sebagai contoh :

keterangan :

  1. merupakan lookup_value. anda tinggal mengklik kode yang akan digunakan sebagai acuann.
  2. merupakan tabble_array. setelah anda mengetikan lookup_value atau mengklik lookup_value anda sekarang mengklik kolom kode tabel program studi kemudian tarik kebawah sampe akhir tabel program studi.
  3. setelah semua rumus terpenuhi. langsung enter dan copy atau tarik sampai kebawah tabel. seperti berikut :

2. HLOOKUP

HLOOKUP digunakan apabila sumber data yang akan kita gunakan berbentuk atau tersusun secara Horizontal. contoh sebagai berikut :



Kita akan memasukan tahun izin berdasarakan kode prodi dari tabel Izin Penyelenggara ke tabel laporan biro akademik.

Sintax HLOOKUP adalah sebagai berikut :

=HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,range_lookup)

Atau untuk lebih mudah mengingatnya sebagai berikut :

=HLOOKUP (nilai_kunci, tabel_data, nomor_kolom,tipe_data)

Sebagai contoh :

  1. merupakan lookup_value. anda tinggal mengklik kode yang akan digunakan sebagai acuann.
  2. merupakan tabble_array. setelah anda mengetikan lookup_value atau mengklik lookup_value anda sekarang mengklik kolom kode tabel tahun izin penyelenggara kemudian tarik kesamping sampe akhir tabel izin penyelenggara.
  3. setelah semua rumus terpenuhi. langsung enter dan copy atau tarik sampai kebawah tabel. seperti berikut :

Demikianlah tutorial Cara Menggunakan Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP Pada Microsoft Excel Share trik ini keteman teman kalian supaya trik ini bermanfaat untuk kesesama.