Cara Menggunakan Git

Cara Menggunakan Git

Techanget.com – Cara Menggunakan Git. Git Mengijinkan kita berkerja dengan beberapa orang alias bekerja dalam tim secara bersamaan, menggunakan semua file dalam satu project. Dan itu membantu Tim untuk mengatasi kebingungan ketika dalam mengerjakan sebuah project kita dapat mengedit file yang sama karena kita file tersebut akan di awasi oleh git, jadi kita tau akan perubahan – perubahan yang terjadi dalam file project kita.

Untuk menggunakan git itu sendiri kalian cukup menginstall sebuah software git Itu sendiri di halaman websitenya git-scm.com , ketika kalian membuka website tersebut sistem akan mendeteksi software git yang cocok berdasarkan sistem komputer kalian Jadi tinggal download saja softwarenya, atau ingin mendownload selain sistem yang kalian gunakan sekarang, kalian dapat mengunjungi git-scm.com/dowmload dan lakukan installasi gitnya.

Baca Juga : Cara Menginstall Git

Berikut ini cara menggunakan Git.

  1. Kalian Buat sebuah Repository Baru, Buat juga Remote Repository kalian yang sesuai dengan Repository Local kalian, bisa mengunakan Github maupun Bitbucket yang sedang popular saat ini.
  2. Jalankan Perintah Git Init untuk menginisialisasi repository kalian ke sistem git
  3. Lakukan Git Clone Jika sudah mempunyai Repository Remote, dengan mengetikan Git Clone https://webgitnya.com/username/nama-repository-remote-kalian.git
  4. Atur configurasi Git lokal kalian jika ingin terhubung dengan Git Remote kalian, dengan mengetikan Git config –global user.name “nama_username_akun_git_kalian” dan mengetikan Git config –global user.email “email_akun_git_kalian”
  5. Jika sudah mengatur konfigurasi git kalian agar terhubung dengan repository remote maka selanjutnya kalian sudah bisa melakukan Git Pull dan Git Push .
  6. Untuk menggunakan git sebagai tracking, kalian siapkan sebuah file didalam repository lokal kalian dan cobalah untuk mengetikan sebuah kode programming atau apapun itu. lalu untuk mengupload code tersebut kalian dengan cara pertama kalian tambahkan dahulu perubahan yang terjadi di repository kalian dengan cara mengetikan Git Add .
  7. Ketika kalian sudah menambahkan perubahan yang terjadi dalam sebuah file yang telah kalian edit, maka selanjutnya kalian memberikan commit, git commit fungsinya untuk memberitahu atau sistem pesan ada perubahan apa saja yang telah terjadi, caranya cukup ketikan Git Commit -m ‘pesan_commitnya’ .
  8. Lalu Kalian upload Commit – commit’an kalian dari Repository Lokal ke Repository Remote kalian dengan mengetikan Git Push -u Origin master . Nama master merupakan sebuah cabang utama dalam sistem git, kalian juga dapat mengganti atau menambahkan sebuah cabang baru didalam git.
  9. Jika ada teman kalian seteam atau sekolaborasi dengan kalian mendeveloping sebuah project, dan kamu ingin perubahan yang kamu telah dilakukan setelah mempush commit’an juga ada di file project temen kamu. Teman kamu harus melakukan Pull Request ke Cabang kamu dan lakukanlah merge Biasanya perintah Pull Request dan Merge Git tersedia di dalam Web Penyedia layanan git dengan bentuk GUI.
  10. Setelah teman kamu sudah melakukan pull request dan merge dengan branch kamu, maka langkah selanjutnya teman kamu harus melakukan beberapa cara. Teknik ini punya dua opsi, opsi pertama dengan menggunakan Git Fetch lalu Ketik lagi Git Pull. Opsi kedua yaitu langsung memfetch dan pull dalam satu perintah, yaitu perintah gitnya Git Pull Origin nama_branch_temen_kamu_sendiri. Maka File kamu yang telah diubah akan dirasakan juga dengan file di komputer teman kamu.

Baca Juga : Kumpulan Command Git Beserta Penjelasannya

Demikianlah tutorial Cara Menggunakan Git. Jika ada sesuatu yang bingung tolong untuk komentar di bawah, penulis akan menyelesaikan kebingunan kalian.