Definisi Query dan Fungsinya Dalam Pengoperasian Database

Definisi Query dan Fungsinya Dalam Pengoperasian Database

Techanget.com – Definisi Query dan Fungsinya Dalam Pengoperasian Database. Query adalah semacam kapabilitas (kemampuan) untuk menampilkan suatu data/information dari database di mana mengambil dari table-tabel yang tersedia di database, tetapi tabel tersebut tidak seluruh/semua ditampilkan sesuai/cocok dengan yang kita inginkan. data/information apa yang inginkan kita tampilkan.

Query adalah ‘permintaan data’ kita berupa/berbentuk bahasa bisnis, untuk mengolah/memproses data didalam tabel-tabel menjadi satu informasi yang dapat/bisa dimengerti. Seperti mengelompokkan sepuluh penjualan terbesar oleh konsumen (pembeli) yang dimiliki. Ia bisa berdasarkan terhadap satu tabel saja, atau terhadap dua/lebih tabel, ataupun berdasarkan terhadap query yang telah ada.

Definisi Query diartikan dalam 3 kelompok :

  1. Query adalah suatu extracting data/information berasal dari suatu database dan menampilkannya untuk “pengolahan” lebih lanjut.
  2. Query adalah pertanyaan atau permintaan/ permohonan Info/informasi tertentu atau khusus yang berasal dari sebuah basisdata yang ditulis didalam format tertentu.
  3. Query adalah perintah-perintah untuk mengakses atau membuka data/ information pada proses/sistem basis data.

Fungsi Query

Fungsi dari query sendiri yaitu :

  1. Menampilkan data-data tertentu/khusus terhadap suatu table, contohnya kita hanya/cuma menginginkan {melihat|lihat|menyaksikan|memandang} data/information pada table barang yang kode barangnya “B001”
  2. Menampilkan data/information berasal dari dua table atau lebih dengan syarat antara table itu tersedia/ada field yang berhubungan. Contohnya kita ingin melihat Nomor Faktur “F0001” itu siapa pemiliknya. Di sini kita mengambil alih data/information yang berasal dari table Header Penjualan dan Table Karyawan, Sebagai penghubungnya adalah field NIK.
  3. Dapat melakukan/menjalankan operasi perhitungan.

Demikianlah Artikel   Definisi Query dan Fungsinya Dalam Pengoperasian Database  Sudah cukup paham mengenai sistem git? jika belum komen di kolom komentar yah bagian mana yang belum paham.