Perbedaan HTTP dan HTTPS Yang Wajib Kamu Ketahui

Perbedaan HTTP dan HTTPS Yang Wajib Kamu Ketahui

Techanget.com – Perbedaan HTTP dan HTTPS Yang Wajib Kamu Ketahui. Jika kita sering menggunakan internet, Pasti kita tidak asing mendengar istilah HTTP dan HTTPS. Apalagi jika kita sedang mengelola blog pribadi atau mengemban sebuah website.

Namun apakah kita sudah benar-benar memahami, kedua istilah ini dan apa saja perbedaannya? berikut Perbedaan HTTP dan HTTPS Yang Wajib Kamu Ketahui.

1.Definisi HTTP

HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah suatu protokol yang digunakan untuk mentransfer dokumen/halaman dalam WWW (World Wide Web). HTTP mendefinisikan bagaimana suatu pesan dapat diformat dan dikirimkan dari client ke server atau sebaliknya. HTTP mengatur aksi apa saja yang harus dilakukan oleh web server dan web browser sebagai respon atas perintah-perintah yang ada pada protokol HTTP ini.

Secara mudahnya, HTTP dapat diartikan sebagai sebuah protokol yang mengatur komunikasi antara klien dan server. Lalu siapa klien sebenarnya?

Klien yang dimaksud dalam hubungan ini merupakan web browser maupun perangkat lain yang mampu mengakses, menerima dan menampilkan konten di dalam web.

Jadi klien akan mengirim pesan ke server yang memiliki konten HTML dan menjawabnya dengan respon yang berisi konten HTML. Kegiatan inilah yang diatur dalam sebuah protokol bernama HTTP.

2. Definisi HTTPS

Hypertext Transfer Protokol Secure dan di singkat menjadi HTTPS. HTTPS dapat diartikan sebagai bentuk protokol valid dan aman. Hal ini di sebabkan perintah dan data melalui protokol HTTPS ini telah di lindungi dengan sistem encryp melalui berbagai format, sehingga ini akan menyulitkan bagi orang-orang yang ingin membajak isi dari dokumen yang dikirim dengan menggunakan media HTTPS.

Dapat dipahami juga bahwa HTTPS merpakan gabungan dari HTTP dengan SSL(Secure Socket Layer) / TLS(Transport Layer Security) protokol. Seluruh komunikasi yang dilakukan melalui HTTPS akan dienkripsi dan di analisa dengan tujuan untuk keamanan ketika terjadi transaksi data melalui internet.

Pada masa kini, kebanyakan website sudah menerapkan HTTPS sebagai sebuah standar. Sebuah web browser yang terintegrasi dengan HTTPS membutuhkan SSL Certificate untuk menotentikasi server atau website.

Jika kita perhatikan, penggunaan protokol HTTPS ditandai dengan ikon gembok pada sebelah kiri address bar. Di situlah informasi otentikasi sertifikat bisa kita lihat.

3. Perbedaan HTTP dan HTTPS

Berikut perbedaan yang mendasar antara HTTP dan HTTPS

a. Keamanan Data Anatara Client dan Server

Pertama berkaitan dengan keamanan data antara klien dengan server, HTTP tidak bisa menjamin keamanan data antara klien dengan server. Sementara HTTPS yang sudah diberikan protokol keamanan sudah bisa melakukan hal ini.

Setidaknya pula HTTPS mampu menangani isu keamanan data lewat tiga metode, yakni autentikasi server, kerahasiaan data lewat enkripsi dan integritas data.

b. Perbedaan Penggunaan Port dan SSL

Perbedaan mendasar yang selanjutnya adalah mengenai port yang digunakan, HTTP menggunakan port 80 dan HTTPS menggunakan port 443.

HTTP dan HTTPS keduanya memiliki protokol antara klien-server yang sama, namun berbeda dengan diharuskannya sertifkat SSL pada HTTPS.

SSL (Secure Socket Layer) yang sudah disebutkan di awal juga berfungsi dalam keamanan untuk melakukan enkripsi terhadap data yang ditransmisikan antara klien dan server.

4. Keuntungan Penggunaan dari HTTPS

Setelah penjelasan mengenai perbedaan HTTP dan HTTPS di atas sudah jelas jika HTTPS saat ini sudah menjadi sebuah standar dan tampaknya diwajibkan untuk para pemiliki website maupun blog.

Lalu apa sajakah keuntungan protokol HTTPS dibandingkan HTTP dalam penggunaannya?

  • Mengamankan data dan transaksi yang ada di website dengan enkripsi, termasuk untuk password dan lainnya.
  • Menambah tingkat kepercayaan pengunjung website dengan warna hijau yang biasanya terdapat pada address bar dan ikon.
  • Prioritas dalam mendapatkan ranking SEO yang lebih baik di laman pencarian Google.

Demikianlah penjelasan mengenai Perbedaan HTTP dan HTTPS Yang Wajib Kamu Ketahui . Semoga bermanfaat 🙂