Cara Mudah Flash Oppo Yoyo R2001 via SP Flashtool

Techanget.com – Cara Mudah Flash Oppo Yoyo R2001 via SP Flashtool. Smart Phone Flash atau yang biasa di singkat Tool SP Flash Tool adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk melakukan install ulang (hard restart) atau flashing pada banyak jenis stock ROM ataupun custom ROM pada perangkat yang menggunakan sistem operasi khusus Android. Pada intinya software atau aplikasi SP Flash Tool berfungsi untuk menjembatani file-file baru yang dibutuhkan oleh perangkat atau smartphone Android untuk menggantikan file yang lama.

SP Flash Tool lebih sering digunakan untuk keadaan genting. Seperti misalnya ketika suatu handset perangkat Android mengalami kerusakan sistem atau juga ada aplikasi yang mengalami kerusakan. Virus dan bootloop juga bisa menjadi salah satu alasan mengapa smartphone atau tablet Android perlu untuk diflashing menggunakan SP Flash Tool.

Oppo Yoyo R2001 merupakan salah satu smartphone yang bisa saja mengalami masalah seperti bootloop, smartphone hanya getar saja ketika dihidupkan, hardbrick/mati total, lupa pola/password, ponsel terserang virus/malware, ponsel lemot, aplikasi sering menutup dengan sendirinya, dan masih banyak lagi. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk permasalahan yang terjadi pada Oppo Yoyo R2001 adalah dengan melakukan Flashing . Berikut :

Cara Mudah Flash Oppo Yoyo R2001 via SP Flashtool

1.Langkah pertama persiapkan hal-hal dibawah ini :

  • Terlebih dahulu mendownload SP Flashtool,  All MTK USB Driver serta download Firmware Oppo Yoyo R2001
  • Persiapkan PC atau komputer Windows
  • Kabel USB yang bagus dan berfungsi dengan baik
  • Silahkan lakukan backup data jika ponsel masih bisa digunakan (tidak dalam keadaan bootloop atau mati total)

2. Setelah mendownload 3 software yakni dari SP Flashtol, Driver dan Firmware Oppo Yoyo R2001 kemudian silahkan di ekstrak.

3. kemudian install USB Driver MTK pada PC atau laptop.

4. lalu buka folder hasil SP Flashtool yang telah di ekstrak tadi, kemudian cari file dengan nama “flash_tool.exe” .  Klik kanan dan pilih “Run as Administrator”.

Ff0

5. Setelah flashtool terbuka, maka tampilan berubah seperti yang di bawah ini. Kemudian Klik “Download Agent”.

Ff1

6. Setelah itu arahkan ke folder hasil ekstrak SP Flashtool dan cari file dengan nama “MTK_AllInOne_DA.bin”.  Dan klik “Open”.

Ff2

7. Klik di “Scatter-Loading” dan masuk ke folder firmware. Cari file dengan nama “MT6582_Andorid_scatter.txt” lalu klik “Open”.

Ff3

8. Selanjutnya tunggu beberapa saat sampai file scatter berhasil dimuat.

9. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu centang pada UBOOT dan lakukan klik di area kosong pada kolom “Location” setelah itu isikan dengan file “LK” dimana file ini terletak di dalam folder firmware yang sudah di extract sebelumnya.

10. Jangan lupa centang juga pada opsi USRDATA dan klik pada area kosong di kolom “Location”, kemudian arahkan ke folder hasil ekstract firmware dan cari file dengan nama “userdata_nvram_only.ext4.tar”.

Ff4

11. Kemudian klik “Download” untuk memulai flashing OPPO Yoyo R2001.

12. Matikan smartphone yang akan di flashing dan sambungkan smartphone tersebut ke PC atau laptop.

13. Setelah itu tunggu sampai smartphone Oppo R2001 terdeteksi dan proses flashing akan berjalan secara otomatis. Jika smartphone sulit terdeteksi oleh PC atau laptop, silahkan coba untuk menekan tombol Volume Atas (+) agar smartphone terdeteksi.

14. Tunggu hingga proses flashing selesai. Flashing smartphone Oppo Yoyo R2001 akan selesai jika dengan melihat tanda centang Download OK. Tandanya kita telah berhasil melakukan flashing smartphone OPPO Yoyo R2001.

F5

Demikianlah Cara Mudah Flash Oppo Yoyo R2001 via SP Flashtool Semoga bermanfaat 🙂