Cara Mudah Flash HP Xiaomi Mi A2 Via Mi Flash Tool

Techanget.com – Cara Mudah Flash HP Xiaomi Mi A2 Via Mi Flash Tool. Smart Phone Flash atau yang biasa di singkat Tool SP Flash Tool adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk melakukan install ulang (hard restart) atau flashing pada banyak jenis stock ROM ataupun custom ROM pada perangkat yang menggunakan sistem operasi khusus Android. Pada intinya software atau aplikasi SP Flash Tool berfungsi untuk menjembatani file-file baru yang dibutuhkan oleh perangkat atau smartphone Android untuk menggantikan file yang lama.

SP Flash Tool lebih sering digunakan untuk keadaan genting. Seperti misalnya ketika suatu handset perangkat Android mengalami kerusakan sistem atau juga ada aplikasi yang mengalami kerusakan. Virus dan bootloop juga bisa menjadi salah satu alasan mengapa smartphone atau tablet Android perlu untuk diflashing menggunakan SP Flash Tool.

Xiaomi Mi A2 merupakan salah satu smartphone yang bisa saja mengalami masalah seperti bootloop, smartphone hanya getar saja ketika dihidupkan, hardbrick/mati total, lupa pola/password, ponsel terserang virus/malware, ponsel lemot, aplikasi sering menutup dengan sendirinya, dan masih banyak lagi. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk permasalahan yang terjadi pada Xiaomi Mi A2 adalah dengan melakukan Flashing . Berikut :

Cara Mudah Flash HP Xiaomi Mi A2 Via Mi Flash Tool

1.Langkah pertama persiapkan hal-hal dibawah ini :

  • Terlebih dahulu mendownload SP Flashtool
  • Download USB Driver
  • Download Firmware/Stock Rom Xiaomi Mi A2 (Pilih yang firmware Mi A2, jangan sampai salah).
  • Persiapkan PC atau komputer Windows
  • Kabel USB yang bagus dan berfungsi dengan baik
  • Silah lakukan backup data jika ponsel masih bisa digunakan (tidak dalam keadaan bootloop atau mati total)
  • Pastikan Unlock Bootloader.  Mengapa demikian, Karena jika Bootloader dalam keadaan lock, maka proses flashing via Mi Flash Tool akan gagal. Jadi pastikan terlebih dahulu smartphone yang akan di flash harus dalam kondisi unlocked bootloader.
  • Caranya melakukan unlock bootloader adalah pertama masuk ke menu Pengaturan – Pengaturan Tambahan – Opsi Pengembang – Status Mi Unlock.

2.Setelah mendownload 3 software yakni dari SP Flashtol, Driver dan  Firmware/Stock Rom Xiaomi Mi A2 kemudian silahkan di ekstract.

3.kemudian install USB Driver pada PC atau laptop.

4.lalu buka folder hasil SP Flashtool yang telah di ekstrak tadi, kemudian cari file dengan nama “XiaoMiFlash.exe” .  Klik kanan dan pilih “Run as Administrator”.

O1

5.Setelah flashtool terbuka, klik “Select” dan pilih file stock ROM/Firmware Xiaomi Mi A2 yang juga sudah diekstrak pada langkah sebelumnya.

O2o

6. Langkah selanjutnya, dibagian kanan bawah Mi Flash,silahkan pilih opsi “Clean All” atau “Flash_All”.

7. Beralih ke smartphone, matikan smartphone yang akan diflash dan masuklah ke mode fastboot dengan menekan tombol power + volume bawah secara bersamaan selama beberapa detik sampai muncul logo fastboot Xiaomi kemudian lepaskan.

8. Sambungkan kabel USB ke laptop dan sambungkan smartphone tersebut ke PC atau laptop.

9. Pada Mi Flash Tool silahkan klik tombol “Refresh”.

10. Jika smartphone sudah terdeteksi di laptop langkah selanjutnya adalah dengan meng-klik tombol “Flash” untuk memulai proses flashing.

11. Setelah proses flashing selesai, maka akan muncul keterangan “Succes” pada Mi Flash, dan smartphone akan melakukan restart secara otomatis dan tunggu sampai proses booting selesai dengan sempurna. Jika flashing mengalami kegagalan, cobalah ganti dengan versi Mi Flash yang lain atau coba ganti firmware/ROM nya. Jika memungkinkan, aktifkan juga USB Debugging dan OEM Unlocking (jika smartphone yang akan di flash masih bisa nyala).

O3o

Demikianlah Cara Mudah Flash HP Xiaomi Mi A2 Via Mi Flash Tool Semoga bermanfaat 🙂