Cara Menjadikan Fingerprint Sebagai Pembuka Aplikasi Android

Sensor sidik jari atau yanng biasa dieknal dengan Fingerprint merupakan suatu alat elektronik yang menerapkan sensor scanning yang berfungsi untuk mengetahui sidik jari seseorang guna keperluan verifikasi identitas. Sensor Fingerprint sekarang ini banyak digunakan pada peralatan elektronik seperti smartphone. Beberapa merk smartphone seperti Apple, Samsung, Vivo, Oppo, Asus dan lain sebagainya biasanya menyelipkan sensor Fingerprint untuk mengamankan data pengguna smartphone. Letak Fingerprint pada smartphone biasanya berada di bagian belakang smartphone. namun kini letak finegrprint tak hanya terletak pada belakang smartphone saja tapi sudah tergabung bersama tombol home, sehingga memudahkan pengguna dalam mengakses smartphone.

Seiring perkembangan teknologi kini fungsi fingerprint tak hanya sekadar sebuah sistem keamanan namun juga sebagai pembuka aplikasi. Berikut :

Cara Menjadikan Fingerprint Sebagai Pembuka Aplikasi Android

1.pertama kita membutuhkan sebuah aplikasi yang bernama Fingerprint Quick Action yang bisa kita instal gratis di Play Store.

P

2. setelah kita download silahkan Instal aplikasi Fingerprint Quick Action. Aplikadi tersebut merupakan aplikasi yang bisa gunakan untuk membuka aplikasi di Android.

P1

3. Langkah selanjutnya, buka aplikasi Fingerprint Quick Action kemudian centang opsi “Enable Fingerprint Quick Action” yang berada di bagian atas. Kemudian aktifkan opsi “Respond to enrolled fingeprints only” dan pilih “Single tap action”.

P2p

4. Setelah itu silahkan ke bagian paling bawah dan pilih “Launch app or shortcut” maka fingerprint otomatis akan aktif sebagai pembuka aplikasi.

P3p

5. Langkah terakhir pilih aplikasi yang akan dijadikan otomatis terbuka dengan fingerprint. Setelah itu, tampilan aplikasi akan menunjukkan status aplikasi yang diaktifkan.

P5p

6. Sekarang kita bisa membuka aplikasi menggunakan fingerprint. Yaitu dengan cara melalui homescreen, sentuh jari pada fingerprint yang ada di smartphone Android maka otomatis, aplikasi yang telah kita pilih akan terbuka.

P6p

Demikianlah Cara Menjadikan Fingerprint Sebagai Pembuka Aplikasi AndroidSemoga Bermanfaat 🙂