7 kekurangan yang Ada Pada Sistem Operasi Android Pie

Android Pie merupakan sistem operasi Android terbaru yang diluncurkan pada tahun 2018 silam. Awal kemunculannya Android Pie diberi julukan Android P, dan kemudian akhirnya Google merilis nama resminy nama “Pie”. Memang tak heran, Android menamai setiap sistem operasi terbarunya dengan nama-nama makanan manis. Sistem operasi Android ini secara bergilir akan dapat digunakan oleh perangkat Android yang mendukung melalui update OTA (Over The Air).

Namun, sama seperti sistem operasi pada lainnya, Android Pie juga tak lepas dari beberapa kekurangan yang dirasa menganggu para penggunanya.

Berikut 7 kekurangan yang Ada Pada Sistem Operasi Android Pie !

1.Masalah Pada Sensor Fingerprint

fitur fingerprint sepertinya sudah menjadi salah satu fitur yang sudah ada di hamper setiap HP keluaran terbaru. Karena fingerprint merupakan fitur yang menawarkan kepraktisan bagi penggunanya, maka tak heran jika fitur ini menjadi salah satu fitur security smartphone yang wajib ada di HP zaman sekarang.

Selain itu, fitur fingerprint ini juga dinilai aman karena perangkat Smartphone bisa terbuka ketika penggunanya saja yang menempelkan jari mereka ke sensor fingerprint.

Namun sayangnya, fitur fingerprint di Android Pie ini terkadang mengalami kendala yang membuat para penggunanya tak bisa menggunakan fitur ini dan harus membuka kunci layar dengan memasukkan password secara manual.

Walaupun masalah ini sebenarnya bisa diatasi dengan melakukan update software, tapi bagi sebagian pengguna yang awam, pastinya hal ini akan sangat menganggu.

2. Mode Split Screen Tidak Muncul

Salah satu fitur paling menarik yang hadir di Android Pie adalah mode split screen yang memungkinkan penggunanya untuk bisa membuka dua aplikasi secara bersamaan.

Fitur ini tentunya sangat bermanfaat sekali bagi pengguna android pie karena dengan bantuan fitur ini pengguna tak perlu bolak balik untuk membuka aplikasi yang berbeda.

Namun sayangnya, beberapa pengguna mengeluhkan fitur mode split screen ini tak tersedia di Smartphone mereka sehingga sulit untuk menikmati fitur ini.

Padahal, umumnya fitur ini akan muncul di bagian atas ketika pengguna sedang membuka recent apps.

3. Kontrol Volume Nada Dering

Jika di versi Android sebelumnya volume nada dering akan secara otomatis berubah ketika pengguna menekan volume up atau down, maka di Android Pie sudah tidak berlaku.

karena ketika pengguna Android Pie menekan tombol volume up atau down, hal itu justru akan memengaruhi volume media, bukan nada dering.

Sementara, untuk melakukan kontrol terhadap volume nada dering, pengguna ke menu settings terlebih dahulu atau memilih ikon titik tiga yang muncul ketika menekan tombol volume.

Pembaruan ini justru dianggap sebagai sebuah kendala bagi sebagian pengguna Android Pie karena dinilai kurang praktis.

4. Fitur Rotasi Layar Bermasalah

Fitur rotasi otomatis pada Smartphone memiliki banyak kegunaan yang bisa memudahkan penggunanya. Seperti ketika pengguna membaca sebuah teks dokumen di Smartphone, pengguna tak perlu lagi melakukan scroll lteks ke kanan dan kiri. Fitur rotasi otomatis ini umumnya akan berubah secara otomatis ketika pengguna memutar layar smartphone dari portrait ke landscape ataupun sebaliknya.

Namun sayangnya banyak juga pengguna sistem operasi Android Pie yang mengeluhkan fitur rotasi otomatis pada smartphone yang bermasalah sehingga mereka tak bisa menikmati fitur ini.

5. Masalah Konektivitas

Kendala berikutnya yang dianggap menganggu oleh para pengguna Android Pie adalah masalah konektivitas terutama bluetooth dan jaringan internet yang seringkali bermasalah.

Banyak pengguna yang mengeluhkan bahwa setelah melakukan update Android Pie, smartphone mereka sulit mendapatkan koneksi internet sehingga hal itu sangat mengganggu aktivitas mereka.

Untuk mengatasi masalah ini, pengguna bisa terlebih dahulu menonaktifkan mobile data untuk beberapa saat kemudian aktifkan kembali.

Hal ini juga berlaku untuk masalah konektivitas lainnya.

6. Masalah Perintah Suara Google Assistant

Seiring berkembangnya teknologi, kini semua smartphone Android sudah dilengkapi dengan fitur virtual asisten, Google Assistant, yang dapat membantu penggunanya.

Namun, fitur ini terkadang tidak berjalan secara normal dan justru dianggap mengganggu bagi sebagian orang. Bagaimana tidak, fitur Google Assistant ini seringkali salah mengenali suara penggunanya sehingga hasil yang muncul tidak sesuai dengan apa yang pengguna mau.

Tak hanya itu, fitur ini juga terkadang tidak merespon perintah suara yang justru dikatakan oleh pengguna smartphone aslinya.

7. Masalah Baterai

Selain memiliki beragam fitur menarik, Android Pie juga diklaim sebagai salah satu versi Android terbaik yang mampu membuat daya tahan baterai HP menjadi lebih awet dan tahan lama.

Tapi kenyataannya, tak sedikit pengguna yang justru mengeluhkan kalau baterai pada HP Android Pie mereka tetap boros.

Meskipun saat ini sudah banyak sekali Smartphone yang menawarkan baterai berkapasitas jumbo, tapi dengan kelebihan yang ditawarkan oleh versi Android Pie ini tentunya akan menjadi nilai plus tersendiri.