Cara Mudah Memperkecil Ukuran PDF Menggunakan Microsoft Word

Techanget.com – Cara Mudah Memperkecil Ukuran PDF Menggunakan Microsoft Word. Portable Document Format atau yang sering disebut PDF merupakan format file yang dibuat oleh perusahaan Adobe pada 1993 untuk pertukaran dokumen. seiring dengan berlalunya wkatu, dilakukan peningkatan terhadap versi PDF. Sampai saat ini, versi PDF yang terakhir adalah PDF 1.7 yang dirilis pada 2009 sesuai standar ISO 32000.

Seperti yang dijelaskan pada pengertian PDF sebelumnya, dimana portable mengacu pada produk digital yang fleksibel sehingga memungkinkan format ini bisa dibuka pada perangkat apapun seperti komputer maupun pada smartphone.

Meskipun format ini dibuka pada perangkat dengan versi yang berbeda, tidak akan mengubah isi dari dari file. Isi file berekstensi PDF bersifat tetap dan tidak akan berubah tanpa adanya bantuan software lain untuk mengubah isi teks yang ada didalamnya.

Ini merupakan kelebihan PDF dibanding Microsoft Word yang cenderung akan mengalami perubahan susunan isi jika dibuka pada versi Microsoft yang berbeda pada computer atau perangkat lainnya.

Namun sayangnya, ukuran file PDF yang besar kadang menyulitkan kita baik untuk mengunduh, mengedit maupun mengirim kembali file tersebut. Untuk mengatasinya, kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengecilkan ukuran file PDF tanpa software. Cara ini bisa kita lakukan secara offline alias tanpa jaringan internet, kali ini kita akan menggunakan Microsoft Word untuk memperkecil ukuran file PDF yang dianggap terlalu besar.

Metode ini bisa kita terapkan untuk melakukan kompress PDF 200Kb.

Berikut Cara Mudah Memperkecil Ukuran PDF Menggunakan Microsoft Word

1.Buka Microsoft Word yang ada di PC atau laptop. Untuk bisa memperkecil ukuran PDF secara offline menggunakan Microsoft Word hanya bisa di lakukan pada Microsoft Word versi 2013 atau di atasnya.

2. Buka file PDF yang akan kita compress atau kecilkan. Maka File PDF tersebut otomatis akan di-convert ke dalam bentuk Word dengan mengklik OK pada Bar Intruksi yang muncul.

3. Setelah muncul, simpan kembali file tersebut dengan memilih Save As. Ubah format file kembali menjadi bentuk PDF pada menu Save As Type.

Screenshot 16

4. lalu pada More options seperti pada gambar di bawah ini, silahkan Pilih Minimum size (publishing online) untuk mengecilkan ukuran file PDF sebelum klik Save. setelah itu barulah klik save

Screenshot 18

Selamat Mencoba 🙂