Cara Mengaktifkan Keamanan Fingerprint di Whatsapp

Wa

Aplikasi whatsapp merupakan aplikasi messenger yang banyak digunakaan saat ini. Hampir semua pemilik smartphone memiliki aplikasi messenger yang satu ini. Dikarenakan aplikasi yang enteng di smartphone, fiturnya yang lengkap dan penggunaannya yang mudah. Salah satu fitur whatsapp yang memudahkan kita untuk mengetahui keberadaan seseorang adalah fitur Location pada whatsapp.

Keamanan WhatsApp menjadi hal yang sangat pengguna inginkan. Pihak WhatsApp sendiri memahami hal itu dan mulai mencoba menambahkan sistem keamanan baru, yakni Sistem keamanan fingerprint scanner atau pemindai sidik jari. Fitur ini sudah tersedia dalam versi beta untuk pengguna iOS, dan kini giliran pengguna Android yang mendapat merasakannya.

Fitur pengunci percakapan WhatsApp dengan fingerprint sudah tersedia di WhatsApp versi 2.19.221 atau 2.19.222. keamanan fingerprint scanner bisa kita aktifkan dengan langkah-langkah sebagai berikut

1.pertama silahkan klik icon titik tiga yang terletak di sebelah kanan atas whatsappp kita.

2. kemudian pilih setings atau pengaturan

3. setelah itu pilih opsi “akun” dan gulir ke bawah hingga menemukan opsi “fingerprint lock” atau “kunci pemindai sidik jari”

Jika ingin mengaktifkan kemanan sidik jari, pengguna harus mengaturnya lebih dulu. Caranya hampir sama dengan menyetel pengaturan pemindai sidik jari di dalam ponsel.

kita akan diminta memilih fitur keamanan lain sebelum mengaktifkan sidik jari, yakni dengan memilih fitur kemanan pola, PIN, atau password. Setelah mendaftarkan pola, PIN, atau password, barulah kita akan diminta untuk mendaftarkan sidik jari yang akan digunakan untuk membuka WhatsApp. Nantinya akan ada pilihan jeda waktu untuk mengunci WhatsApp. Pilihan waktu yang tersedia adalah sesegera mungkin setelah aplikasi WhatsApp ditutup, satu menit, hingga 30 menit.

Kita juga bisa mengatur apakah isi chat baru yang masuk bersamaan dengan notifikasi masih bisa terbaca atau tidak. Dengan demikian, tingkat keamanan WhatsApp dari keisengan orang-orang sekitar akan terminimalisir.

Kendati demikian, pengguna yang mengaktifkan fitur “quick reply” masih bisa membalas pesan tanpa harus membuka platform WhatsApp. Perlu diingat, fitur ini masih bergulir di dalam veri beta. Artinya, belum semua pengguna WhatsApp mendapatkan fitur ini hingga dirilis secara resmi nantinya. Namun tidak ada salahnya apabila Anda rajin mengecek pembaruan WhatsApp di Google Play Store dan segera memperbaruinya ke versi paling anyar.