Cara Mudah Bisa Bermain Game Virtual Reality di Smartphone

Vr

Virtual reality adalah teknologi yang dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer. Secara teknis, virtual reality digunakan untuk menggambarkan lingkungan tiga dimensi yang dihasilkan oleh komputer dan dapat berinteraksi dengan seseorang didalamnya.

Contoh teknologi virtual reality yang cukup sederhana adalah Google Cardboard karena dibuat menggunakan kertasVR sendiri sudah muli digemari oleh banyak orang dengan telah hadirnya banyak penggemar di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Pada Awalnya teknologi Virtual Realty ini membutuhkan sebuah perangkat atau helm khusus virtual reality yang terhubung dengan laptop atau komputer. Namun seiring perkembangan teknologi saat ini, teknologi VR dapat diterapkan pada smartphone sehingga dapat dijalankan secara portable dengan menggunakan perangkat VR yang terhubung dengan smartphone. Konten VR yang telah hadir pada smartphone juga sudah sangat banyak, seperti contohnya video, game, maupun aplikasi VR lainnya.

Untuk itu, bagi kalian yang ingin memainkan game Virtual Reality (VR) pada smartphone dapat memperhatikan beberapa syarat seperti berikut ini :

1.Smartphone Memiliki Gyroscope

Gyroscope merupakan sensor untuk mengukur maupun mempertahankan orientasi yang menganut prinsip-prinsip momentum sudut. Dengan hadirnya Gyroscope ini memungkinkan smartphone dapat mengenali perputaran atau gerakan 3 dimensi sehingga sistem dapat mengikutinya.

Apabila kita mengaktifkan perangkat VR yang tersambung dengan smartphone maka kita membutuhkan Gyroscope agar game maupun konten VR dapat mengenali orientasi yang sedang dilakukan oleh penggunanya. Smartphone saat ini sudah banyak yang sudah dilengkapi dengan gyroscope.

Kini kita tidak takut dengan harga smartphone yang mahal untuk mendapatkan smartphone yang memiliki gyroscope. karena dua vendor di dunia seperti Xiaomi dan ASUS telah menghadirkan smartphone murah yang mendukung sensor gyroscope. Bahkan Zenfone Max Pro M1 dan Xiaomi Redmi Note 5 pun dibanderol murah dengan gyroscope.

2. Spesifikasi Hardware

kebanyakan video maupun game Virtual Reality membutuhkan smartphone dengan spesifikasi hardware menengah ke atas untuk bisa menjalankan konten Virtual Reality dengan lancar tanpa hambatan. Seperti ASUS Zenfone Max Pro M1 yang memiliki Snapdragon 636 Octa-core, RAM dengan pilihan 3 GB, 4 GB, atau 6 GB dan storage internal dengan pilihan 32 GB atau 64 GB, dan memiliki harga terjangkau merupakan salah satu smartphone yang mampu menjalankan konten VR dengan lancar.

3. Perangkat VR

Selain membutuhkan smartphone dengan gyroscope dan spesifikasi hardware menengah ke atas, perangkat VR juga dibutuhkan agar bisa disematkan di kepala penggunanya dan memiliki tombol untuk mengendalikan konten VR. Menariknya, perangkat VR sendiri ada yang murah seperti Google Cardboard hingg yang mahal seperti Samsung Gear VR.

Itulah beragam hal yang dibutuhkan agar Gadgeter dapat menjalankan game maupun video VR dengan nyaman dan cepat. Untuk itu, Gadgeter dapat melihat terlihat terlebih dahulu apakah smartphone miliknya memiliki Gyroscope maupun tidak dengan menggunakan aplikasi Sensor Box atau CPU-Z yang dapat diunduh di Google Play Store.