Cara Mudah Menstabilkan PING Pada PUBG Mobile

Pub

Dalam sebuah game online, termasuk genre battle royale seperti PUBG Mobile, koneksi internet memegang peranan penting agar bisa memenangkan sebuah permainan.

Ketika koneksi internet buruk, kemungkinanmu kalah akan semakin besar. Apalagi jika ping dari smartphone kita melebihi 100ms tanda-tanda kekalahan kita makin Nampak jelas terlihat.

Ping dalam sebuah game menunjukkan delay dalam satuan millisecond antara aksi yang kita lakukan dan respon yang diberikan kepada game.

Ketika bermain game online yang intens seperti PUBG Mobile, ping akan sangat merugikan pemain. Sudah menekan tombol untuk menembak tapi ternyata delay.

Belum lagi jika ping milik lawan lebih baik dari ping kita. Meskipun menekan tombolnya bersamaan, kita akan tetap kalah cepat.

Jadi, yang kita butuhkan adalah membuat angka ping ini serendah mungkin.

Berikut Cara Mudah Menstabilkan PING Pada PUBG Mobile

1.Instal VPN

Cara pertama yang bisa kita lakukan untuk mengatasi permasalahan ping ini adalah dengan menggunakan aplikasi VPN. Banyak yang mengatakan cara ini adalah salah satu cara termudah untuk menurunkan ping smartphone. Terlebih lagi banyak aplikasi VPN yang tersedia di Play Store maupun App Store.

Kita harus mencari server tercepat agar mendapatkan angka ping di kisaran 80 hingga 100 ms. Akan tetapi, kalau kita menggunakan VPN yang gratis, pilihan negaranya juga terbatas.

2. Pindah ke Mode Airplane

Kalau kita malas menginstall aplikasi tambahan atau tidak bisa menginstall aplikasi tambahan dikarenakan memory full atau alasan lain, ada cara lain yang bisa kita lakukan. Kita bisa mengaktifkan mode airplane.

Alasannya, dengan mengaktifkan mode ini, jaringan akan terputus sesaat dan tersambung kembali. Dengan mengulang kembali jaringan, kita bisa mengurangi ping di dalam game.

Kita membutuhkan waktu sekitar 10 detik sebelum mematikan mode airplane. Hanya saja, cara ini tidak selalu berhasil.

3.Install Aplikasi Pinger v.2

Apabila kita memiliki sisa memori internal cukup banyak, kita bisa menggunakan aplikasi Pinger v.2 yang satu ini.

Aplikasi ini mampu membantu mengurangi ping dengan menyediakan rute langsung untuk mengakses server.

Dengan demikian, aplikasi ini mampu mengurangi permintaan tambahan yang sering membebani jaringan. Aplikasi ini bisa diunduh baik di Play Store ataupun App Store.

Kalau kita sudah install aplikasi ini, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1.Hapus semua aplikasi yang sedang berjalan

2. Buka aplikasi Pinger v.2

3. Pilih Ping Mode yang kita inginkan, Extreme merupakan salah satu pilihan yang sangat direkomendasikan

4. Aktifkan dan tunggu hingga aplikasi ini aktif

5. Keluar dari aplikasi dan buka game PUBG Mobile atau game online lainnya

4.Gunakan Aplikasi Game Booster

Aplikasi lain yang bisa kita gunakan untuk mengurangi ping adalah dengan memanfaatkan Game Booster.

Apalagi, beberapa smartphone sudah memiliki aplikasi game boosternya sendiri. Kalaupun tidak ada, kita bisa mengunduh aplikasi Game Booster yang tersedia di Play Store.

Game booster dapat mengoptimalkan kinerja perangkat dengan mengurangi aktivitas layar belakang, juga menurunkan latensi dan memprioritaskan bandwidth untuk game yang sedang kita mainkan.

5.Menggunakan Fitur Repair dari PUBG

Masalah ping ini bisa muncul dari dalam gamenya sendiri. Bisa jadi, ada paket data yang terkorupsi sehingga mengganggu koneksi jaringan yang kita gunakan.

Untuk itu, kita bisa memperbaiki permasalahan ini dengan menekan tombol Repair yang muncul pada layar login.

Setelah menekan tombol ini, kita akan menginstal ulang PUBG dari awal dan mengatur ulang semua konfigurasi game. Akan tetapi, cara ini seharusnya mengurangi ping secara efektif.

Kita juga bisa menggunakan cara manual dengan cara pergi ke Settings > Apps > PUBG Mobile > Storage > Clear Storage.