5 Kelebihan Chromebook Besutan Google

Cb

techanget – Selain mengoperasikan mesin pencari paling populer di dunia, Google juga memiliki peramban yang diberi nama Chrome yang berhasil menyaingi Firefox, Bing, hingga Internet Explorer. Hal ini semakin mendorong Google untuk menghasilkan produk-produk terbaik, termasuk laptop yang diberi nama Chromebook.

Chromebook pada mulanya dirancang sebagai laptop khusus pelajar. Google bahkan memberikan sistem operasi buatan sendiri, Chrome OS, untuk memaksimalkan performanya. Chromebook dihadirkan bagi para pengguna yang bergantung pada koneksi internet untuk melakukan kegiatan sehari-hari atau pekerjaan di kantor sedikit berbeda dari laptop berbasis Windows dan MacOS. Hal ini juga semakin dikuatkan oleh kebanyakan dokumen dan aplikasi pada Chromebook yang tersimpan di cloud.

Kendati bersahabat untuk pengguna internet, Chromebook versi awal ternyata kurang mendukung untuk desainer grafis. Mengapa? Laptop berbasis Chrome OS pada saat itu belum kompatibel dengan program yang disediakan perusahaan lain seperti Microsoft Office, Photoshop, maupun CorelDraw. Akan tetapi, seiring perjalanan, sistem pada Chromebook sudah memungkinkan Kita untuk menginstal aplikasi dari Windows maupun Android dengan bantuan CrossOver.

Menjumpai Chromebook di pasaran bukan perkara sulit walau jumlah pemakainya tak sebanyak laptop berbasis Windows. Namun, ada berbagai kelebihan laptop tersebut yang bisa Kita pertimbangkan.

Berikut 5 Kelebihan Chromebook Besutan Google

1. Hadir dengan fitur-fitur spesial

Google juga tak melewatkan kesempatannya saat merilis Chromebook yaitu dengan memberikan fitur-fitur buatan perusahaan sendiri. Kita akan menerima Google Assistant, asisten virtual yang bisa diaktifkan memakai Pixelbook Pen. Kita juga masih bisa mengakses fitur tersebut melalui tombol khusus yang terdapat pada Chromebook .

Kemudian, karena sudah terintegrasi dengan Google Now, Chromebook memudahkan Kita untuk memberikan informasi apa saja secara real time dan akurat. Sementara untuk mendapatkan berita-berita terkini, ada Google Feed yang dapat Kita kitalkan sebagai sumber terpercaya.

Fitur spesial lainnya yang disediakan Google pada Chromebook adalah touchscreen 2-in1 seperti yang disematkan pada ASUS Chromebook Flip. Desain keyboard on-screen minimalis pada laptop ini juga bakal membuat aktivitas mengetik semakin praktis. Kita yang mempunyai ponsel berbasis Android saja dapat memeriksa notifikasi yang masuk lewat pengaturan Chromebook, lho.

2. Bersahabat dengan spesifikasi minimal

Berbeda dari laptop biasanya yang berbasis Windows dan MacOS, Chromebook memiliki spesifikasi yang tak terlalu tinggi. Laptop yang menggunakan Chrome OS hanya memerlukan minimal RAM 2 GB hingga RAM 4 GB untuk prosesornya Intel Celeron N2840. Komponen-komponen tersebut dinilai sudah cukup untuk menjalankan laptop, termasuk untuk multitasking dan penggunan online.

Kebanyakan Chromebook yang beredar di pasaran bahkan hadir dengan penyimpanan on board berkapasitas 16 GB saja. Namun, Kita tidak perlu cemas, sebab Google tetap menyediakan slot SD Card apabila ingin menambahkan memori eksternal. Ada pula penyimpanan berbasis cloud mencapai 100 GB di Google Drive. Kedua opsi tersebut diharapkan akan memudahkan Kita mengamankan data-data personal pada perangkat.

3. Dibanderol dengan harga murah

Google menyadari kebutuhan konsumen akan laptop modern dengan harga yang terjangkau. Melalui Chromebook, perusahaan tersebut menghadirkan laptop murah tanpa menurunkan kualitas spesifikasi. Apalagi Google mempunyai aplikasi dan program yang dapat memenuhi kebutuhan Kita dalam beraktivitas secara offline dan online.

Sebagai contoh, Chromebook yang diproduksi untuk segmen low-end dibanderol dengan harga dari Rp2 jutaan. Dalam hal ini Acer Chromebook R11 adalah produk yang bisa Kita beli yang spesifikasinya telah mencakup RAM 2 GB, layar 11,6 inci, dan prosesor Intel Celeron N3150. Apabila Kita membutuhkan Chromebook mid-end, ada Samsung Chromebook Pro seharga Rp7 jutaan yang sudah dilengkapi RAM 4 GB, layar 12,3 inci beresolusi 2400×1600 piksel, dan prosesor Intel Core M3.

Sementara untuk Chromebook premium, ada Google Pixelbook 12,3 inci yang dibanderol dengan harga Rp13 jutaan. Spesifikasi lain yang terdapat pada laptop ini mencakup RAM 8 GB, Intel Core i5, serta SSD hingga 128 GB. Kita yang punya bujet besar bisa langsung membeli Google Pixelbook dengan RAM 16 GB, Intel Core i7, dan SSD 512 GB yang dapat Kita bawa pulang.

4. Bodi kuat dan baterai awet

Chromebook dikenal sebagai laptop dengan baterai yang tahan lama. Rata-rata daya tahan baterai pada perangkat ini dapat mencapai 9 jam pemakaian. Faktor inilah yang membuat Chromebook sering kali direkomendasikan untuk mahasiswa yang sedang sibuk mengerjakan banyak tugas hingga pegawai yang kerap bepergian ke luar kantor tanpa harus mencemaskan pengisian ulang pada baterai.

Ketahanan bodi Chromebook juga tak bisa Kita pkitang sebelah mata, lho. Laptop ini sudah diberikan anti-gores dan material yang membuatnya tahan akan bantingan. Lenovo ThinkPad 13 Chromebook dan Acer Chromebook 14 adalah salah dua laptop berbasis Chrome OS yang telah mengantungi sertifikasi MIL-810G. Artinya, kedua Chromebook tersebut memiliki ketahanan berstkitar militer Amerika Serikat. Acer Chromebook 14 sendiri termasuk laptop yang bisa Kita gunakan di tengah lingkungan ekstrem.

5. Sistem keamanan yang terjamin

Keamanan menjadi layanan yang Google perhitungkan sematang mungkin sebelum merilis Chromebook. Sejumlah laptop Chrome OS yang dirancang untuk kebutuhan bisnis telah dilengkapi alat yang nantinya memungkinkan administrator teknologi informasi atau TI untuk mengelola perangkat baik dari dalam maupun luar kantor. Dengan demikian, Kita bisa dengan mudah bertemu klien sembari mengurus bisnis tanpa mencemaskan perihal informasi yang disimpan di laptop.

Google Pixelbook dan Lenovo ThinkPad 13 Chromebook adalah dua laptop yang sudah dilengkapi chip bernama Trusted Platform Mobile untuk melindungi data pengguna dari pencurian password. Para staf profesional yang memerlukan laptop Chrome OS dengan sistem keamanan tinggi dapat mengkitalkan dua brand tadi sebagai penunjang pekerjaan mereka.

Chromebook tak lepas juga dari beberapa kekurangan. Namun, Google selalu memastikan akan ada perbaikan dalam setiap update yang mereka distribusikan pada produknya. Variasi merek beragam pun memudahkan Kita mencari Chromebook yang sesuai dengan bujet maupun kebutuhan.

Bagaimana, apa Kita tertarik membeli atau beralih ke Chromebook? Selain tersedia di toko offline, laptop ini dapat dipesan secara online di e-commerce terpercaya dengan garansi resmi dan layanan after sales lainnya.