Cara Mudah Menghemat Kuota Pemakaian Facebook

Ff

facebook merupakan sebuah layanan jejaring social yang berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat yang diluncurkan pada bulan Februari 2004. Hingga September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam.

Untuk tetap membuat pengguna lama dan barunya betah menggunakan layanannya, Facebook selalu berinovasi dalam hal fitur, mulai dari fungsi chat, status, emoticon, story, video, dan masih banyak lagi yang memanjakan penggunanya. Tidak dapat dipungkiri bahwa Facebook adalah media sosial paling populer di dunia saat ini, termasuk di Indonesia. Tidak heran jika hampir setiap pengguna smartphone mengakses platform garapan Mark Zuckerberg tersebut setiap harinya.

Tentunya karena menjadi salah satu aplikasi paling sering dibuka di smartphone, Facebook berpotensi menghabiskan banyak kuota data, khususnya untuk urusan menampilkan foto dan video.

Untuk kita sebagai pengguna facebook yang ingin menghemat pemakaian kuota data ketika mengakses aplikasi Facebook di smartphone, Berikut Cara Mudah Menghemat Kuota Pemakaian Facebook

Cara Mudah Menghemat Kuota Pemakaian Facebook

1. Matikan opsi upload foto dan video HD

Sesuaikan pengaturan foto dan video yang akan kita unggah ke akun Facebook. Jangan mengunggah konten dengan resolusi HD karena lebih banyak memakan data. Untuk memastikan kita tidak upload foto dan video dengan resolusi HD, caranya adalah:

Tap pada icon tiga garis horizontal di pojok kanan atas -> pilih Settings -> pilih Media & Contacts -> pastikan opsi Upload Photos in HD dan Upload VIdeo in HD tidak aktif.

2. Matikan fitur autoplay video

Cara yang kedua adalah dengan mematikan fitur autoplay video. Langkah-langkahnya kurang lebih sama dengan yang di atas. Ketika sudah masuk ke Media & Contacts, ikuti tutorial berikut:

Pilih Autoplay -> lalu sesuaikan pengaturannya dengan kebutuhan kita. Ada tiga pilihan, yang pertama adalah autoplay saat terhubung dengan mobile data dan WiFi (ini yang paling boros), kedua autoplay hanya saat terhubung ke WiFi, atau yang ketiga, ‘Never Autoplay Videos’ alias menonaktifka fitur ini.

3. Gunakan Facebook Lite

Cara paling gampang dan tidak ribet jika ingin memastikan pemakaian kuota kita tidak berlebihan ketika mengakses Facebook adalah menggunakan aplikasi Facebook Lite. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di Google Play Store.

Bagi yang belum tahu, Facebook Lite memang dirancang ringan dan dapat memberikan pengalaman yang mulus dan cepat. Tidak hanya menghemat kuota, Facebook Lite juga sangat berguna bila jaringan internet lemot.