Cara Mudah Menghilangkan Notifikasi di Google Chrome Dekstop dan Android

Oooo

Techanget – Notifikasi yang muncul di peramban atau browser bisa sangat mengganggu. Seiring perkembangan jaman, Saat ini Google melengkapi Chrome dengan pengaturan yang bisa digunakan untuk menghilangkannya.

Seperti halnya peramban pada umumnya, Chrome secara mendasar akan mengizinkan situs web, aplikasi, atau ekstensi untuk mengirimkan notifikasi. Tujuannya, supaya kita memperoleh update lebih cepat, seperti untuk pengingat rapat.

Sayangnya, meskipun bisa cukup berguna bagi sebagian orang, munculnya notifikasi di Chrome bisa sangat mengganggu bagi sebagian yang lain. Bisa saja, notifikasi tersebut berasal dari situs atau aplikasi web yang tidak kita inginkan.

Setelah menyadari akan hal tersebut, Google pun memberikan pengaturan khusus notifikasi di Chrome, baik desktop maupun Android, karena Chrome di iOS tidak memunculkan notifikasi – yang bisa digunakan untuk mengaktifkan atau memblokir notifikasi.

1.Untuk desktop, kita bisa menghilangkan notifikasi di Google Chrome dengan menekan tombol Lainnya (ikon titik tiga di pojok kanan atas), lalu memilih Settings. Jika halaman Settings sudah terbuka, gulir ke bawah dan tekan tombol Advanced.

2. Kemudian untuk Privacy and security, silahkan cari dan pilih opsi Site Settings. Dari halaman Site Settings, selanjutnya ketuk opsi Notifications. Tekan tombol slider yang sebaris dengan Ask before sending (recommended) untuk memblokir semua.

3. Namun jika kita ingin memblokir situs atau aplikasi tertentu, kita perlu menggulirkan layar ke bagian Allow, lalu memilih tombol Lainnya (ikon tiga titik di samping masing-masing situs), dan memilih Block.

O11

4. Sementara untuk pengguna Android, kita bisa menghilangkan notifikasi di Google Chrome dengan mengetuk tombol Lainnya (ikon titik tiga yang juga terdapat di pojok kanan atas), lalu masuk ke menu Settings.

5. Dari halaman Settings, kemudian pilih opsi Notifications. Setelah ke halaman pengaturan App Notifications, selanjutnya tekan tombol slider on ke posisi off untuk memblokir semua situs dan aplikasi web.

6. Sedangkan untuk memblokir satu per satu, kita bisa menggulirkan layar ke bagian Sites, lalu menekan tombol slider ke posisi off pada masing-masing situs atau aplikasi web yang tidak diinginkan.

O12

Selain menggunakan cara di atas, kita juga bisa menghilangkan notifikasi di Google Chrome dengan menggunakan mode Incognito atau penyamaran, baik di desktop maupun Android. Hanya saja, jika menggunakan mode ini, pemblokiran hanya berlaku untuk sementara waktu – saat kita masih menggunakan mode tersebut.