Cara Mudah Amankan Telekonferensi Zoom Dari Tamu Tak Diundang

Zom

Techanget – Zoom Bombing yang sedang heboh di dunia merupakan serangan berupa gangguan dari luar yang membajak video konferensi dengan mengirim gambar tidak senonoh atau ujaran kebencian yang disertai ancaman.

Munculnya zoom bombing ini dapat berakibat dihentikannya interaksi telekonferensi yang sedang berlangsung pada aplikasi zoom tersebut. Pada masa pandemic dan social distancing ini, munculnya serangan Zoom Bombing semakin meningkat secara signifikan.

Yudhi Kukuh seorang IT konsultan keamanan memiliki beberapa tips untuk membantu mengamankan jaringan dari serangan tersebut. Yakni dengan memanfaatkan fitur hidden tool yang berfungsi untuk mencegah serangan Zoom yang disebut sebagai “Waiting Room” atau ruang tunggu, cara kerjanya adalah tamu dapat mencegah tamu yang tidak diundang mengambil alih rapat.

Untuk bisa menggunakannya, berikut langkah-langkah bagaimana cara untuk mengaktifkan Waiting Room.

Langkah Mengaktifkan Waiting Room di Zoom

1.Langkah pertama silahkan Buka account management > pengaturan akun, dan scroll ke bawah ke opsi “Waiting Room” lalu aktifkan.

2. Pilih siapa saja yang bisa menghadiri rapat, “All participants” atau “guest participants only”

G1
G1

3. Kamu juga dapat mengizinkan peserta lain untuk menerima orang dari Waiting Room.

4. Setelah pertemuan dimulai, calon peserta rapat akan terlihat dari daftar tunggu.

G2
G2

5. Pilih siapa saja yang diizinkan atau bisa juga menerima seluruhnya sekaligus.

6. Kamu juga bisa mengirim kembali peserta rapat ke daftar tunggu melalui opsi More > Put in waiting room

G3
G3

Dengan diaktifkannya fitur ini, maka telekonferensi Zoom yang kita gunakan dapat terjaga dari orang-orang tidak bertanggung jawab atau tidak dikenal karena sang Host harus mengizinkan terlebih dahulu siapa yang bisa masuk.

Setelah diaktifkan, Waiting Room juga dapat diatur untuk pertemuan tertentu dengan cara menjadwalkan pertemuan terlebih dahulu di opsi Schedule Meeting. Untuk melihat pertemuan berikutnya diaplikasi zoom, kita bisa mengklik Upcoming Meeting dan mengaktifkan Waiting Room untuk pertemuan yang khusus atau tertentu.

Kita juga dapat mengaktifkan Waiting Room untuk semua rapat dengan ID rapat pribadi. Hal ini dapat dilakukan dengan caar memilih opsi Personal Meeting Room yang ada pada bagian Meeting dan pastikan mengaktifkan Waiting Room dengan cara dicentang, lalu tekan save atau simpan. Sang Host juga dapat mengendalikan waiting Room dengan memilih Manage Participants.

Semoga langkah-langkah pengamanan Zoom di atas dapat bermanfaat untuk kita yang menggunakannya sebagai media untuk pertemuan atau konferensi jarak jauh.