Cara Mudah Amankan Akun WhatsApp Agar Tidak Mudah Diretas

Gbwac

Techanget.com – Cara Mudah Amankan Akun WhatsApp Agar Tidak Mudah Diretas. WhatsApp sama seperti sosial media lain pada umumnya yang rentan terhadap peretasan atau dikuasai oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Jadi bukan tidak mungkin kalau akun WhatsApp diretas bahkan disalahgunakan oleh oknum seperti penyamaran hingga penipuan.

Namun kini ada cara yang dapat dilakukan untuk mencegah akun WhatsApp diretas oleh peretas.

Sebenarnya di WhatsApp sudah ada fitur bawaan yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna untuk menambah perlindungan terhadap akun WhatsApp.

Pengguna WhatsApp juga harus lebih waspada serta kritis jika menemukan kejanggalan di akun WhatsApp miliknya. Alfons Tanujaya dari Vaksin.com selaku praktisi keamanan siber membagikan tips cara mengamankan akun WhatsApp sudah tidak diretas oleh hacker.

Cara Mengamankan Akun WhatsApp

Pengguna dapat mengaktifkan fitur Two Step Verification atau verifikasi dua langkah. Fitur tersebut dapat diaktifkan melalui menu Setting dengan cara mengetuk di ikon titik tiga di sebelah pojok kanan atas.

Lalu pilih ‘akun‘ dan pilih ‘two-step verification‘. Apabila belum diaktifkan, ketup pada pilihan ‘enable‘ (aktifkan) dan masukkan enam digit PIN serta ulangi untuk konfirmasi.

Langkah berikutnya kamu nanti bakal diminta untuk memasukkan e-mail. Sebenarnya langkah ini opsional. Jika kamu tidak berkenan, kamu dapat memilih untuk ‘lewati’.

Namun disarankan untuk mengisi alamat e-mail. Tapi perlu dicatat, alamat e-mail yang digunakan sudah terproteksi dengan sangat baik.

“Misalkan sudah menggunakan proteksi TFA (otentikasi dua langkah), kerena bakal digunakan untuk jalan mereset PIN apabila kamu lupa,” jelas Alfons.

Jika alamat e-mail sudah diisi dan terkonfirmasi, verifikasi dua langkah sudah aktif. Jika kamu ingin kembali ke menu percakapan, nanti bakal diminta untuk memasukkan PIN yang sudah kamu daftarkan tadi.

Gbwat

Namun permintaan PIN di WhatsApp ini hanya sekali saja. Pengguna baru diminta untuk memasukkan PIN ketika sudah memindahkan WhatsApp ke perangkat lain atau menginstall ulang WhatsApp.

Pengguna juga bisa menonaktifkan fitur ini dengan memilih pada menu ‘disable‘ atau mengubah PIN serta alamat e-mail setiap saaat dengan langkah yang sama.

Cara mengamankan akun WhatsApp seperti di atas cukup membantu para pengguna dalam menjaga akun WhatsApp supaya tidak diretas.