Cara Mudah Membuka Kembali iPhone yang Terkunci Karena Lupa Password

Gbipc

Techanget.com – ada metode ampuh yang bisa ditempuh untuk mengembalikan iPhone yang terkunci atau dinonaktifkan karena pengguna lupa kode sandi perangkat agar perangkat bisa digunakan kembali.

Berdasarkan pengalaman saya, kita akan mencoba memasukkan apa yang kita ingat secara berulang kali saat lupa sandi dari suatu hal. Namun sayangnya, pengguna iPhone tidak bisa melakukan hal tersebut karena Apple membuat limitasi dalam hal ini.

Apabila kamu memaksa memasukkan sandi yang salah berulang kali, maka iPhone akan dinonaktifkan. Jika kamu tidak ingat sama sekali sandi tersebut, maka kamu perlu menghapus data perangkat.

Metode ini sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan tetapi kamu memerlukan sebuah perangkat komputer dengan aplikasi iTunesversi terbaru atau sistem MacOS terbaru untuk melakukannya. Kamu dalam hal ini pun bisa meminjam keluarga atau sahabat jika diperlukan.

Kamu selanjutnya perlu mengaktifkan mode recovery di perangkat iPhone yang terkunci. Supaya berhasil untuk mengaktifkan mode ini, jangan menghubungkan iPhone dengan komputer yang digunakan terlebih dulu.

Pengguna iPhone 8 ke atas perlu menekan tombol samping (Side Button) bersamaan dengan salah satu tombol volume sampai muncul slider untuk mematikan perangkat dan menggesernya ke mode mati.

Tunggu sampai perangkat nonaktif, kemudian hubungkan perangkat ke komputer dengan kabel data sembari menekan tombol samping. Ingat, jangan lepaskan tombol jika perangkat belum masuk ke mode recovery.

Bagi pengguna iPhone 7, kamu bisa menonaktifkan perangkat dengan cara seperti biasanya. Setelah itu, hubungkan perangkat dengan komputer sembari menekan tombol volume ke bawah sampai perangkat berhasil masuk ke dalam mode recovery.

Sementara untuk pengguna lini iPhone 6 atau yang lebih lawas, kamu bisa membuka mode recovery dengan mematikan perangkat kemudian menghubungkan perangkat dengan komputer sembari menekan tombol home.

Setelah perangkat sudah terhubung dengan komputer dalam mode recovery, kamu selanjutnya bisa membuka aplikasi iTunes atau Finder di dalam komputer lalu membuka lokasi perangkat melalui aplikasi tersebut.

Gbip

Jika muncul menu dengan pilihan Restore atau Update, maka selanjutnya pilih Restore. Secara otomatis, aplikasi akan mengunduh piranti lunak yang sesuai untuk perangkat sehingga kamu hanya perlu untuk menunggunya.

Penting untuk digarisbawahi, proses pemulihan iPhone yang memakan waktu lebih dari 15 menit akan membuat perangkat keluar dari mode recovery secara otomatis.

Bagi kamu yang mengalami hal ini, kamu tak perlu panik karena hanya perlu mengulangi kembali langkah-langkah dari awal dengan mencabut perangkat dari komputer terlebih dulu.

Selain bisa melakukannya secara mandiri, kamu pun juga bisa membawa perangkat ke Apple Retail Store atau Apple Authorized Service Provider untuk melakukannya. Opsi kedua ini lebih saya rekomendasikan karena lebih aman.

Perlu dicatat juga, metode ini akan menghapus semua data dan pengaturan dari perangkat. Oleh karena itu, kamu perlu mengembalikan cadangan data jika pernah membuatnya sebelum iPhone terkunci.