Keunggulan RAM LPDDR5 yang Digunakan Samsung Galaxy S20

Gbss

Techanget.com – Keunggulan RAM LPDDR5 yang Digunakan Samsung Galaxy S20. Seri ponsel Samsung Galaxy S20 yang belum lama ini rilis di Indonesia menggunakan teknologi RAM terbaru dari Samsung yaitu LPDDR5. Teknologi ini berbeda dengan yang Samsung gunakan di seri Galaxy S sebelumnya. Lalu apa sebetulnya keunggulan dari RAM LPDDR5 ini?

Singkatnya RAM LPDDR5 memiliki kecepatan transfer data yang lebih kencang dan lebih hemat daya dibanding teknologi RAM sebelumnya yaitu LPDDR4x. Di Galaxy S20 Ultra, RAM LPDDR5 yang digunakan adalah yang berkapasitas 12GB sedangkan untuk Galaxy S20 dan Galaxy S20+ menggunakan yang berkapasitas 8GB.

Sebetulnya Samsung memiliki RAM LPDDR5 yang berkapasitas 16GB dan digunakan di ponsel Galaxy S20 Ultra. Namun sayangnya varian ponsel Galaxy S20 Ultra yang dirilis di Indonesia adalah varian LTE dan tidak menggunakan RAM tersebut.

Teknologi RAM LPDDR5 ini dioptimalkan oleh Samsung untuk implementasi jaringan 5G dan fitur-fitur kecerdasan buatan pada ponsel. Ini agar ponselnya dapat melakukan hal-hal seperti perekaman video dengan resolusi Ultra High Definition (4K/8K) dan machine learning.

Dibandingkan dengan teknologi LPDDR4x yang digunakan di seri ponsel Galaxy S10 dan juga di ponsel kelas atas lainnya, LPDDR5 menghadirkan kecepatan transfer data sebesar 5.500 Mb/s yang mana 1,3 kali lebih cepat. Dengan kecepatan ini RAM-nya mampu melakukan transfer 44GB data atau setara dengan 12 film beresolusi Full HD hanya dalam hitungan waktu satu detik.

Dibalik kecepatan transfer datanya, RAM LPDDR5 juga lebih hemat daya. RAM LPDDR5 menggunakan daya 30% lebih kecil dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Ini penting karena ponsel sering digunakan untuk aktivitas sehari-hari dan memiliki kapasitas daya baterai yang terbatas.

RAM LPDDR5 telah didesain sedemikian rupa agar performanya tetap stabil dan hemat daya ketika dioperasikan untuk transfer data dengan cepat. Pada ulasan pengguna Galaxy S20 Ultra yang menggunakan teknologi RAM LPDDR5, performa ponselnya kencang dan mampu melakukan berbagai hal tanpa masalah.

Perkembangan teknologi RAM ini menunjukkan kecanggihan teknologi komputasional pada ponsel yang bisa dibilang semakin menyaingi komputer desktop atau laptop.